Cara Mendapatkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah di 2023

 



Anda bisa menghasilkan uang dari mana saja, termasuk salah satunya dari blog. Blog bukan hanya menjadi tempat menulis artikel, melainkan juga tempat Anda menghasilkan uang. Anda bisa mendapatkan uang dari blog dengan berbagai cara, dari endorsement hingga Google AdSense.


Di artikel ini, selain belajar cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal, Anda juga akan belajar tentang bagaimana membangun blog. Seperti apa blog yang berkualitas? Bagaimana cara membuat blog berkualitas dan menghasilkan uang? Selengkapnya dapat Anda baca di artikel ini.


Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?


Pertanyaan ini tentu sering terlintas di kepala Anda. Menghasilkan uang dari blog adalah hal yang sangat mungkin bagi semua blogger, asal tahu langkah-langkahnya.


Bahkan Anda bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Berikut adalah 6 langkah menghasilkan uang dari blog:


1. Buat Blog di Platform Blog Terbaik

2. Buat Konten Blof Bermanfaat dan Menarik

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda

4. Promosikan Blog di Media Sosial

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Di awal kami sudah menyinggung soal blog berkualitas. Mengapa blog berkualitas ini penting dalam mendapatkan uang dari blog? Karena dengan membangun blog berkualitas Anda bisa menghasilkan uang dari blog untuk jangka waktu yang lama.


Jadi yang perlu ditekankan terlebih dahulu adalah kualitas blog Anda baru kemudian Anda bisa berpikir cara meraup rupiah belakangan. Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari blog yang kualitasnya rendah.


Jadi pastikan kualitas blog Anda adalah yang terbaik terlebih dahulu baru mendulang rupiah kemudian. Berikut adalah cara membangun blog berkualitas dan cara menghasilkan uang dari blog tersebut:


1. Buat Blog di Platform Terbaik

Blog berkualitas berawal dari platform blog yang berkualitas pula. Ada banyak platform blog yang bisa Anda pilih, dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress.


Platform blog mana yang terbaik untuk Anda?


Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika diminta untuk memilih, saya sarankan untuk memilih WordPress. Banyak alasan mengapa WordPress adalah platform blog terbaik untuk Anda.


Pertama, Anda bisa menggunakan WordPress secara gratis. Kedua, WordPress cocok digunakan oleh siapa saja, baik pemula ataupun tingkat mahir. Ketiga, blog yang dihasilkan WordPress berkualitas tinggi. Untuk penjelasan lengkap mengenai WordPress dapat Anda baca di sini.


Intinya, WordPress sangat cocok untuk Anda jika ingin membuat blog yang berkualitas. Untuk cara membuat blog menggunakan WordPress dapat Anda baca selengkapnya di artikel cara membuat blog.


2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik

Setelah Anda berhasil membuat blog, kini saatnya Anda menerbitkan konten yang sudah Anda tentukan topiknya. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik.


Konten Anda bisa dikatakan bermanfaat ketika pembaca mendapatkan solusi melalui apa yang Anda tulis. Ingat, ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, yang mereka inginkan adalah jawaban yang bisa menyelesaikan masalah mereka.


Selain bermanfaat, konten Anda juga harus menarik. Banyak website dan blog yang membahas satu topik yang sama. Anda harus bisa memenangkan persaingan tersebut dengan membuat konten yang bermanfaat dan juga menarik.


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat konten blog jadi menarik. Pertama, ambil sudut pandang yang unik. Satu topik bisa dibahas dengan berbagai sudut pandang. Usahakan ambil sudut pandang unik yang belum digunakan blog atau website lain.


Kedua, buat judul yang kreatif. Judul adalah hal yang pertama kali dilihat pembaca. Jika judul tidak menarik, mereka tidak akan repot-repot membaca artikel Anda. Jadi pastikan judul artikel Anda kreatif dan menarik.


Ketiga, tambahkan media visual. Artikel yang berisi tulisan saja akan membosankan. Sebaiknya tambahkan gambar, foto, ilustrasi, infografik, atau video.


3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda

Pengunjung blog Anda berasal dari banyak sumber. Salah satu sumber terbesarnya adalah pencarian Google. Oleh karena itu, Anda harus punya kualitas SEO yang baik untuk menjaring banyak pembaca dari Google.


Konten-konten yang Anda tulis harus muncul setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google agar lebih mudah ditemukan calon pembaca. Dengan kualitas SEO yang baik, Anda bisa mencapai hal tersebut, bahkan konten Anda bisa menduduki peringkat pertama Google.


Walaupun begitu, membangun kualitas SEO tidak dapat dilakukan dalam semalam saja. Perlu waktu lama untuk bisa membangun SEO yang berkualitas. Waktu lama bukan berarti mustahil kalau Anda mengikuti panduan yang tepat.



Anda bisa mempelajari bagaimana cara meningkatkan kualitas SEO blog dengan membaca ebook gratis dari Niagahoster. Ebook 30 Langkah Ampuh SEO membahas secara lengkap mengenai cara meningkatkan kualitas SEO.


4. Promosikan Blog di Media Sosial

Selain pencarian organik, media sosial adalah media lain yang berpotensi menjadi sumber pengunjung blog Anda. Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembaca blog menggunakan media sosial.


Ada berbagai macam media sosial yang bisa Anda manfaatkan, dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi. Mungkin Anda bingung, media sosial mana yang harus Anda gunakan untuk mempromosikan blog.


Tidak perlu khawatir karena kami sudah membahas topik tersebut di blog. Anda bisa membaca panduan lengkap bagaimana menerapkan social media marketing di artikel.


Artikel tersebut akan memandu Anda memilih platform media sosial yang tepat, merencanakan strategi media sosial, hingga membuat konten yang menarik untuk media sosial.


5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

Memulai blog yang berkualitas bukan hal mudah. Dan mempertahankan kualitas tersebut adalah hal yang lebih sulit lagi. Meskipun sulit, bukan berarti mustahil untuk dilakukan.


Anda harus menjaga konsistensi kualitas blog untuk tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Selalu minta feedback, kritik, dan saran dari pembaca agar Anda paham apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan di blog Anda.


Dengan begitu pembaca akan semakin setia dengan blog Anda. Dan bukan tidak mungkin mereka akan dengan sukarela membagikan blog Anda kepada teman-temannya.


6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Setelah membuat blog yang berkualitas, Anda sekarang bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Ingat, tanpa blog berkualitas, Anda tidak bisa mendapatkan uang dari blog! Jadi pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Anak Petani Ditolak Kampus Di Indonesia, Tapi Diterima 13 Universitas Top Dunia

Ini Daftar Lengkap Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas dan Non Ikatan Dinas di Indonesia

50 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2023 versi EduRank